Food for Healthy

Home » Food Issues » Hebooh Sakazakii

Hebooh Sakazakii

Belum genap satu tahun saya mendengar ‘berita’ adanya cemaran lain berupa bakteri pada susu instan dari seorang teman saya yang waktu itu magang di sebuah pabrik susu terbesar di Yogyakarta, eh malah keduluan diberitakan oleh wartawan yang mendapatkan info dari tim peneliti KH IPB soal cemaran sakazaki pada produk susu.

Pusing kepala ini, mendengar berita itu. Bagaimana khawatirnya masyarakat mengetahui bahwa produk susu yang sehari-harinya mereka berikan pada si buah hati, beresiko menyebabkan meningitis, gangguan syaraf otak yang berdampak pada kecerdasan anak. Hampir semua orang pasti akan menimpuki pemerintah sebagai pihak berwenang, kenapa tidak melakukan antsisipasi dan memberikan informasi apabila memang telah mengetahuinya beberapa waktu sebelumnya.

Badan POM sebagai pihak yang paling menentukan suatu prouk itu berbahaya atau TIDAK, juga terkesan meremehkan informasi ini, sehingga masyarakat seakan tak percaya pada penjelasan BPOM.

Memang benar, dalam dunia perdagangan, terutama produk-produk pangan sangat kental juga dengan nuansa politis. Oleh karena itu, tidak heran juga kalau Menkes sempat melontarkan pernyataan bahwa beredarnya isu sakazaki tidak lepas juga dari pengaruh-pengaruh politik. Namun sebagai seorang awam, yang mereka inginkan hanyalah adanyan JAMINAN bahwa susu yang mereka berikan pada si buah hatinya AMAN, SEHAT, dan BERMANFAAT.

So, pedulikah kita dengan adanya resiko bahaya ini yang akan menyerang anak-cucu kita nantinya???


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: